Selasa, 27 November 2012

Membuat Tekstur Berbentuk 3D




                Untuk membuat gambar diatas sangatlah mudah dengan cara kopas dari koding yg telah di sediakan (dalam kasus  ini saya sudah di kasih koding dari dosen saya dantinggal mengeditnya saja jika ingin source codenya anda bias mendonlotnya disini hehehehehheeheh)

Ada 4 buah file dlm ekstrakan ini (selain petunjuk!);
main.cpp             --> sebagai file utama,
imageloader.cpp              --> sebagai file utk ambil gambar
imageloader.h   --> sebagai file header utk mengambil gambar
onepiece.bmp                  --> gambar yg akan dijadikan contoh

Agar program berjalan dengan baik, lakukan langkah2 berikut:
1. Copy imageloader.h ke C:\Dev-Cpp\include (dengan anggapan anda menginstall DevC++ di direktori C)
2. Buat project baru di DevC++ kemudian copy isi dari main.cpp ke project yg baru anda buat.
3. Klik kanan pada project anda, dan pilih Add to project. Arahkan ke file imageloader.cpp dan   imageloader.h.
4. Taruh file gambar onepiece.bmp ke dalam folder dimana anda menyimpan project yang anda buat.
5. Compile kemudian Run project tsb.

disini saya coba menjelaskan bagian mengganti gambarnya dengan mengganti pada koding yg bertipe .bmp dengan nama gambar yg ingin kalian masukkan
void initRendering() {//pada koding ini mengginakan initRendering supaya gambar gambar dapat dimasukkan dengan tipe .bmp
glEnable(GL_DEPTH_TEST);
glEnable(GL_LIGHTING);
glEnable(GL_LIGHT0);
glEnable(GL_NORMALIZE);
glEnable(GL_COLOR_MATERIAL);
Image* image = loadBMP("onepiece.bmp");//untuk memuat gambar bitmap
_textureId = loadTexture(image);// Membuat gambar ke dalam tekstur, dan mengembalikan id dari tekstur
delete image;
}


Penjelasan kodingnya ada pada dalam bentuk .txt, silahkan donlot disini

(saya berusaha menjelaskan semampu saya, dan yg saya jelaskan pada fungsi main saja),,,
hehehhehehehehheehe

GOD BLESS US

Tidak ada komentar:

Posting Komentar